Mat, bagaimana hari pertama sekolahmu? seru Ema yang baru turun dari sepeda motor tukang ojek pangkalan langganannya jika pulang sekolah.
Tidak ada yang spesial jawab Mat dicampur nada kesal, hanya saja ada beberapa orangtua yang tampak senang dan bahagia mengantarkan anaknya ke sekolah untuk pertama kalinya meskipun tidak ada lagi himbauan dari bapak menteri pendidikan.
Kamu sendiri gimana tadi hari pertama sekolahnya Ema?
Kalau di sekolahku lumayan seru, kamu tahu sendirikan temanmu ini kan ketua OSIS, jadi mau tidak mau harus sedikit lebih aktif di sekolah untuk membantu bapak ibu guru dalam masa perkenalan lingkungan sekolah. Aku itu harus berkeliling-keliling sekolah, melihat dan mengawasi rekan-rekan anggota dan pengurus OSIS dalam masa pengenalan lingkungan sekolah agar tidak lagi mempraktekkan perploncoan dan bullying.
Halo.... teman-teman... (*tiba-tiba Tika memotong percakapan mereka yang baru juga pulang dari sekolah sambil membawa setumpuk buku ditangannya) Hei, bahas apa sich seru bangat ceritanya, tanya Tika serius sambil duduk diantara Mat dan Ema.
Ini kami lagi cerita-cerita tentang hari pertama sekolah jawab Ema, kamu gimana hari pertama sekolahnya?
Cocok sekali topik pembahasana kalian ini, seru Tika dengan semangat.
Hari pertama sekolahku di luar dugaan, dalam bayanganku tadi pagi sewaktu pergi sekolah akan mendapat sekolah yang menyenangkan. Guru-guru biasanya tidak masuk ke kelas pada hari pertama, mereka hanya ber say hello di kantor bersama rekan-rekannya yang lain. Hari ini berbeda, para guru sudah sibuk dengan tugasnya masing-masing dan masuk ke kelas seperti biasanya. Ekspektasiku ketika berangkat sekolah tadi pagi hancur berantakan seketika.
Tetapi meskipun guru-guru masuk ke kelas, umumnya guru belum memberikan materi pembelajaran, kebanyakan memberikan motivasi-motivasi belajar di awal tahun ajaran baru ini. Selain memberikan motivasi belajar, guru juga memberikan hal-hal yang akan dipelajari atau didiskusikan di kelas selama satu tahun ajaran ini.
Perubahan kurikulum di sekolah dari KTSP menjadi Kurikulum 2013 juga merubah urutan materi pokok pembelajaran. Seperti pada mata pelajaran matematika, tadi bapak guru menyampaikan urutan materinya kira-kira seperti ini:
MATEMATIKA WAJIB
Kelas X (Sepuluh)
- Persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel
- Pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel
- Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV)
- Sistem Pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
- Fungsi (Linear, Kuadrat, Rasional) - notasi, domain, range, grafik
- Fungsi komposisi dan invers fungsi
- Perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
- Perbandingan Trigonometri sudut berelasi
- Perbandingan Trigonometri aturan sinus dan cosinus
- Perbandingan Trigonometri fungsi trigonometri
Kelas XI (Sebelas)
- Pembuktian barisan, ketidaksamaan, dan keterbagian dengan induksi matematika
- Program Linear Dua Variabel
- Matriks: Operasi pada matriks
- Matriks: Determinan dan invers matriks $2 \times 2$ dan $3 \times 3$
- Transformasi dan komposisi transformasi menggunakan matriks
- Pola bilangan, dan Barisan, Deret Aritmetika dan Geometri
- Limit fungsi aljabar (polinom dan rasional)
- Turunan fungsi aljabar
- Penerapan turunan (Nilai maximum-minimum, Fungsi naik-turun, garis singgung)
- Integral tak tentu fungsi aljabar
Kelas XII (Duabelas)
- Jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
- Statistika (ukuran pemusatan dan penyebaran)
- Aturan Pencacahan (Aturan Penjumlahan, Perkalian, Permutasi dan Kombinasi)
- Peluang kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat)
MATEMATIKA PEMINATAN
Kelas X (Sepuluh)
- Fungsi Eksponen
- Fungsi Logaritma
- Vektor pada dimensi dua dan tiga
Kelas XI (Sebelas)
- Perbandingan Trigonometri Persamaan Trigonometri
- Perbandingan Trigonometri jumlah dan selisih sinus dan cosinus
- Lingkaran secara analitik
- Keterbagian dan faktorisasi polinomial (Suku Banyak)
Kelas XII (Duabelas)
- Limit fungsi trigonometri
- Limit tak hingga fungsi aljabar dan trigonometri
- Turunan fungsi trigonometri sederhana
- Penerapan turunan fungsi trigonometri
- Distribusi peluang binomial
- Data Distribusi normal
Jadi besok-besok ketika kami belajar matematika, bisa menggunakan buku-buku yang di keluarkan pada kurikulum sebelumnya. Tidak harus buku yang dikeluarkan atau disusun khusus untuk kurikulum 2013, yang penting materi pokoknya ada pada yang disebutkan pada permendikbud no.24 seperti yang diatas. Cerita kita sepertinya sangat seru, tapi aku sepertinya sudah lapar, apakah kalian tidak lapar? tanya Mat dengan serius.
Iya benar, cacing dalam perutku juga sepertinya sudah mau demonstrasi, bagaimana jika kita pulang terlebih dahulu untuk makan siang lalu nanti sore kita lanjutkan lagi diskusinya di rumahku, tanya Ema.
Ok setuju, nanti sore kita bertemu lagi di rumah Ema, dan jangan lupa Ema goreng pisangnya iya,.. kata Tika sambil senyum😂😂
Baiklah, aku tungggu dirumah iya, sampai ketemu nanti sore, see you😉.
Ada masukan yang sifatnya membangun terkait masalah Urutan Materi Pokok Pembelajaran Matematika SMA Kurikulum 2013, silahkan disampaikan, kami dengan senang hati segera menanggapinya😊😊.
Jika Bermanfaat👌 Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring👀
Video pilihan khusus untuk Anda 😂 Masih menganggap matematika hanya hitung-hitungan semata, mari kita lihat kreativitas siswa ini;
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar