Dapodik Versi 2016. |
Sobat Operator sekalian, dalam Aplikasi Dapodik Versi 2016 ini memang memiliki beragam pembaruan. Untuk itu anda wajib memahami segala macam pembaruan tersebut, supaya dalam proses input data sesuai dengan juknis yang telah ditentukan.
Apa sajakah pembaruan itu? Pembaruan itu mencakup semua hal di Dapodik mulai dari Tabulasi Menu Peserta didik, sarana prasarana sampai dengan data GTK. Cukup komplek bukan? Maka dari itulah saya sangat menganjurkan anda untuk memahami terlebih dahulu manual penggunaan aplikasi dapodik yang bisa anda unduh melalui aplikasi dapodik.
Kawan-kawan operator, pada kesempatan ini saya tidak akan membahas macam-macam pembaruan di Dapodik Versi 2016. Melainkan saya akan membuat ulasan mengenai berbagai hal yang harus diperhatikan di aplikasi ini. Mengapa ini penting, sebab hal-hal teknis yang akan saya jelaskan ini mempunyai pengaruh besar terhadap kelancaran proses input data.
Apa sajakah itu? Berikut ini ulasannya:
1. Anda wajib membaca lebih dahulu berita mengenai aplikasi dapodik versi 2016 di website Dirjen Dikdasmen Kemendikbud di alamat dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
2. Kemudian silahkan download dan baca dengan cermat isi panduan Manual Aplikasi Dapodik Versi 2016,
3. Download Aplikasi Dapodik Versi 2016 Kemudian install dengan benar
4. Segera lakukan registrasi Dapodik, bisa dengan menggunakan cara offline maupun online
5. Usai anda berhasil login di Aplikasi Dapodik, biasanya nama Kepela sekolah di beranda belum muncul dan terlihat informasi bahwa Kepala Sekolah belum terpilih, dan ada pemberitahun bahwa sekolah anda menolak dana Bantuan Operasional Sekolah. Anda tak perlu khawatir, sebab hal itu terjadi karena anda belum memperbarui data. Maka segeralah perbarui data sekolah anda
6. Masuklah ke Tabulasi Menu Pengguna. Silahkan lengkapi data diri anda sebagai operator dapodik sekolah. jika bingung klik tanda tanya yang ada di situ maka akan muncul penjelasan.
7. Masuklah ke Tabulasi Menu Sekolah, dan klik Menu Data Periodik 2016/2017. Silahkan anda isi data pembaruan sekolah anda sesuai dengan keadaan sekarang.
8. Masih tetap di Menu Sekolah, isilah data sanitasi tahun 2016/2017 sesuai dengan keadaan.
9. Isi juga Data Sekolah Aman. Isi semua kolom pertanyaan yang ada. Menu ini masih terdapat dalam Tabulasi Sekolah
10. Isi juga Paket Keahlian Dilayani maksudnya mengenai jurusan yang ada di sekolah anda. Isi juga jumlah pendaftar peserta didik baru di masing-masing jurusan
11. Masuklah ke Tabulasi Menu Sarpras, klik Menu Salin Data Periodik. Apabila ada penambahan Sarpras segera input
12. Masuklah ke Tabulasi Menu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). Lakukan Salin Penugasan terhadap PTK yang ada
13. Masuklah ke Tabulasi Menu Peserta Didik. Bagi siswa yang sudah lulus, segera lakukan proses kelulusan bersama. Saya rasa anda sudah memahami caranya
14. Masuklah ke Tabulasi Menu Peserta Didik, klik Menu Salin Data Periodik agar nama siswa tersebut tetap ada di semester selanjutnya
15. Masuklah ke Tabulasi Menu Rombongan Belajar (Rombel), klik Menu Aksi yang berada do bawah. Untuk apa menu ini? Menu aksi digunakan untuk menaikkan kelas secara otomastis. Jadi setiap ada kenaikan kelas anda perlu melakukan hal ini
16. Segera buat Rombongan Belajar khusus kelas 1, 7 dan 10, Entri semua data siswa baru di dalamnya
17. Jika ada siswa anda yang tidak naik kelas pada tahun ini atau berhenti, harus anda keluarkan terlebih dahulu dari Data Rombel. Selanjutnya, klik Menu Registrasi dan isikan data mengenai alasan siswa tersebut tinggal kelas atau berhenti
18. Masih di tabulasi Menu Rombongan Belajar (Rombel), silahkan masuk ke Pembelajaran Isi data Jumlah jam pembelajara dan mata pelajaran untuk masing-masing PTK yang telah ditentukan
19. Jika semuanya sudah fix, lakukan validasai dan sinkronisasi ke server pusat
Sumber: Ana Ogi
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar